Translate

Rabu, 15 Juni 2011

Desa Sorowako

Sorowako adalah desa di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Indonesia. Berada di ketinggian ± 300 meter diatas permukaan laut.

Desa-desa di sekitar Sorowako yang termasuk dalam Kecamatan Nuha adalah : Desa Nuha, Desa Matano, Desa Magani. Dusun nya adalah : Sumasang (area perumahan baru, disini jg akan dibangun rumah susun) , Camp Securyti, Old Camp, Lawewu / area Pasar, Pontada, Salonsa.
Dengan adanya perusahaan PT Indonesia Nickel Company / INCO, salahsatu perusahaan tambang biji nikel terbesar dunia yang beroperasi di daerah ini, menjadikan Sorowako yang dulunya berpenduduk sedikit berkembang menjadi kota ramai penduduk (belum sampai padat) .

Mencapai 70% penduduk di Sorowako adalah pendatang (dari luar Sorowako) berasal dari berbagai propinsi dalam negeri dan sebagian berasal dari luar negri (ekspatriat). (ekslusive dan dinamis di tengah rimba)

Letak sensualitas (daya tarik) Sorowako, terdapatnya 3 buah danau, yang ter”intim” dan bersebelahan lansung tanpa batas yaitu Danau Matano, Danau Mahalona dan Danau Towuti. Ketiga danau tersebut dihubungkan oleh sungai Larona dan bermuara di Malili, Ibukota Kabupaten Luwu Timur.

Selain danau, masih banyak lagi tempat-tempat yang menawarkan keindahan alami alam misalnya Mata Buntu, Bukit Butoh dll.

Sedangkan Keindahan alam buatan yaitu Nursery, tempat menanam berjuta2 bibit pohon dalam rangka recovery hutan purna tambang oleh PT Inco. Proyek yang lumayan menelan dana tidak sedikit ini mendapat sambutan hangat dari pemerintah, yang Pada taggal 28 april 2008 kemarin mendapat kunjungan , H.M.S. Kaban dan team dalam rangka Hari Bumi.

Sorowako sisi pandang dari bukit Butoh

Berbaurnya manusia dari berbagai negara yg membawa tata kebiasan mereka masing membuat Sorowako jadi perpaduan berbagai budaya/kebiasaan yang unik namun budaya daerah tetap jadi primadona di sini…

Untuk mencapai sorowako, Kota Nikel, dapat melalui udara. Dari Makassar yg merupakan ibu kota propinsi, ditempuh kira2 1jam 45 menit by plane akan landing di Air port Sorowako yang terletak di area Lawewu. Lewat darat, Jarak tempuh dari Makassar kira-kira 9 jam perjalanan by bus dan akan sampai pada terminal Sorowako yang terletak di area camp site. Lewat laut dapat menggunakan kapal dan kapalnya akan berlabuh di Malili.

1 komentar: